Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45 Jakarta Timur
021 2904 9130 / 0822 1177 1166
info@fumida.co.id

5 Cara Membasmi Rayap yang Ampuh

Lebih dari Sekedar Anti Rayap

5 Cara Membasmi Rayap yang Ampuh

Rayap adalah hama yang sangat mengganggu dalam kehidupan manusia. Bagi anda yang memiliki perabotan kayu pasti sudah sangat tahu betapa merugikannya apabila hama ini bersarang pada perabotan anda. Selain mengakibatkan kerusakan, hama ini juga bisa mengotori rumah anda. Sebenarnya rayap tidak hanya bisa ditemukan pada peralatan kayu saja, tapi sering juga dijumpai pada buku-buku, kertas, berkas-berkas penting atau pun pakaian. Itulah sebabnya kenapa rayap dianggap sangat merugikan bagi kehidupan manusia.

Bagi anda yang sudah sangat kewalahan dalam membasmi hama tersebut, sebaiknya anda mencoba 5 cara di bawah ini yang dikenal cukup ampuh.

1.Menggunakan Insektisida

Insektisida merupakan racun yang digunakan untuk membunuh serangga dari yang besar hingga terkecil. Penggunaan insektisida tergantung dengan jenis serangga yang akan dibasmi. Insektisida banyak dijual di toko-toko pertanian mulai yang berbentuk cairan, serbuk, hingga gas dalam berbagai merk.

Insektisida memiliki cara kerja yang berbeda-beda, ada yang menyerang sistem pernafasan dan ada yang menyerang pencernaan serangga. Sebaiknya anda memilih insektisida yang ramah lingkungan dan aman untuk manusia agar anda dan penghuni rumah lainnya tidak teracuni.

2.Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas juga bisa digunakan untuk membasmi rayap pada perabotan anda. Caranya adalah dengan mengoleskan oli bekas pada peralatan rumah anda. Bau yang tercium dari oli bekas tersebut sangat tidak disukai oleh rayap sehingga akan menjauhi perabotan yang sudah terolekan oli bekas tersebut.

Tapi ingat, penggunaan oli bekas tersebut sebaiknya hanya pada kayu-kayu rumah yang tidak dilihat secara langsung seperti rangka atap rumah karena bagaimanapun oli bekas akan membuat kayu-kayu tersebut terlihat kotor.

3.Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus merupakan bahan kimia yang tidak saja berfungsi sebagai pewangi namun juga terbukti efektif dalam mampu mengusir hama seperti kutu, semut maupun rayap. Sebab,  kapur barus mengandung senyawa kimia yang disebut naftalen yang sangat tidak disukai oleh rayap.

Baca Juga  Cara Membasmi Rayap pada Lemari Kayu

Anda bisa meletakkan kapur barus pada perabot rumah anda, namun pastikan terlebih ddahulu kalau kapur barus tersebut tidak mudah dijangkau oleh manusia apalagi anak-anak. Selain itu anda juga bisa mengaluskan kapur barus tersebut dan menaburkannya langsung pada sarang-sarang rayap.

4.Menggunakan Khitosan

Khitosan adalah racun yang berbentuk bubuk yang sering digunakan para petani untuk mengusir hama-hama pada ladang ataupun sawah mereka. Anda juga bisa memanfaatkan racun ini untuk membasmi rayap di rumah anda. Khitosan dapat ditemukan di toko-toko pertanian maupun toko-toko kimia. Cara penggunaanya mudah, cukup larutkan khitosan dengan air lalu menyemprotkanya pada peralatan rumah anda. Anda juga bisa merendam kertas dengan cairan ini lalu menaruhnya di dekat sarang rayap agar nantinya rayap memakan kertas tersebut dan mati keracunan.

Meskipun khitosan terbuat dari kulit-kulit udang namun tetap saja racun ini sudah melewati proses kimia. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakannya dan jauhkan dari jangkauan anak-anak di rumah anda.

5.Menggunakan Cat Anti Rayap

Kita patut bersyukur dengan kemajuan teknologi sekarang ini dikarenakan sudah semakin banyak bermunculan cat khusus anti rayap yang mudah didapatkan di pasaran. Penggunaan cat anti rayap diklaim mampu membuat rayap tidak mendekati perabotan anda. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin perabotannya terhindar dari serangan rayap, sebaiknya cat perabot anda dengan cat anti rayap. Rata-rata harga jual cat anti rayap tergolong masih terjangkau dan mudah di dapatkan di pasaran.

Demikianlah 5 cara membasmi rayap yang cukup ampuh untuk mengatasi masalah hama di rumah anda. Dari kelima cara di atas anda bisa memilih salah satu yang menurut anda mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang