Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45 Jakarta Timur
021 2904 9130 / 0822 1177 1166
info@fumida.co.id

7 Tanda Rumah Anda Sudah Menjadi Sarang Rayap

Lebih dari Sekedar Anti Rayap

7 Tanda Rumah Anda Sudah Menjadi Sarang Rayap

Meskipun bentuknya kecil, kemampuan rayap menggerogoti rumah cukup mengejutkan. Bayangkan saja, berdasarkan hasil sebuah studi ditemukan kalau rayap pada rumah-rumah di Indonesia dalam setiap tahun bisa mengakibatkan kerugian yang mencapai triliunan rupiah. Bahkan, tercatat pada tahun 2015 kalau Indonesia pernah mengalami kerugian mencapai 8,68 triliun rupiah akibat rayap. 

Uraian di atas tentunya bisa memberikan gambaran kalau serangan rayap bukan perkara yang biasa dianggap enteng. Oleh karena ini sebaiknya Anda bisa mengenali saat hunian Anda sudah menjadi tempat bersarangnya rayap agar Anda bisa mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

5 Tanda Rumah Anda Sudah Menjadi Tempat Bersarangnya Rayap

1.Terdapat Rongga Berbentuk Jalur Terowongan Pada Dinding Rumah

Pernahkah Anda melihat gundukan memanjang berwarna kecokelatan, berongga menyerupai terowongan yang melekat dinding rumah? Jika iya, maka besar kemungkinan itu merupakan perbuatan para koloni rayap tanah yang digunakan sebagai jalan keluar masuk untuk membawa hasil panen menggerogoti rumah Anda.

2.Tumpukan Sayap Berserakan Di Lantai

Saat rayap jantan maupun betina mencapai usia dewasa, fase aktif reproduksi mulai berjalan. Di sini rayap jantan dan betina akan berlomba-lomba mencari pasangan untuk menciptakan kloter koloni baru. Dalam fase ini umumnya rayap akan melepaskan sayap bisa bebas bergerak. Oleh karena itu, apabila Anda menemukan sayap-sayap transparan keruh berserakan di lantai rumah, bisa jadi merupakan pertanda kalau rumah Anda telah menjadi sarang dari koloni-koloni rayap.

3.Munculnya Gundukkan Kotoran Rayap

Sehabis menggerogoti dinding dan serta bagian perangkat rumah lainnya yang terbuat dari kayu, rayap biasanya akan meninggalkan kotoran yang menggunduk di lantai atau di sekitar lokasi penyerangan oleh mereka. Jadi, jika Anda mendapati gundukan kotoran berbentuk serbuk cokelat di dalam rumah Anda maka itu merupakan indikasi kuat kalau hunian Anda menjadi tempat rayap-rayap bersarang.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di Bintaro

4.Dinding Terdengar Kopong

Kegemaran utama rayap adalah menggerogoti tembok atau perangkat rumah lain yang terbuat dari kayu. Cobalah Anda ketukkan jari di dinding tembok atau kayu tersebut. Jika terdengar kokoh berarti tidak ada masalah, tapi jika terdengar kopong maka besar kemungkinan sudah digrogoti koloni rayap yang bersarang.

5.Terdengar Bunyi ‘tap tap’ atau Menyerupai Robekan Kertas

Rayap biasanya cenderung aktif mencari celah baru yang bisa digerogoti. Caranya, rayap-rayap akan berpencar dan jika salah satu rombongan menemukan sasaran empuk, maka rayap-rayap tersebut akan memberikan sinyal ke koloni lebih besar dengan cara menyundulkan kepala mereka ke permukaan sampai mengeluarkan bunyi tap tap pada dinding. Seusai berkumpul, rayap-rayap tersebut mulai menggerogoti kerap hingga terdengar bunyi seperti saat kertas disobek-sobek.

6.Terdapat Bolongan Pada Lantai, Dinding, atau Perabot Kayu

Jika koloni rayap yang datang terlampau banyak biasanya mengakibatkan benda yang digerogoti menjadi bolong atau terbentuk rongga padanya. Jika hal seperti ini sudah terjadi, pertanda kalau rumah Anda memang sudah menjadi tempat bersarangnya banyak koloni rayap yang aktif dan merugikan.

7.Pohon Memiliki Callus

JikaAnda memiliki pohon yang tumbuh dekat dari rumah Anda, cobalah untuk memeriksanya. Perhatikan apakah terlihat tree callus atau gundukan atau tidak. Jika terlihat maka itu pertanda kalau pohon tersebut digrogoti rayap. Lambat laun saat koloni semakin besar, maka tidak menutup kemungkinan koloni akan berpindah menggrogoti rumah Anda. Jika hal ini sudah terjadi, maka Anda perlu mengambil langkah antisipasi yang tepat.

Jika rumah Anda terlanjur terserang dan tergrogoti oleh rayap, maka sebaiknya Anda segera mengatasinya dengan cara manual dan bahan-bahan tertentu. Jika tidak mau repot-repot, sebaiknya Anda menggunakan jasa anti rayap fumida dari antirayapjakarta.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang