Cara Ampuh Mengusir Rayap dari Rumah

Januari 16, 2020by Admin0

Serangan hama dalam rumah memang dirasa sangat mengganggu. Selain berdampak buruk pada kondisi dan kenyamanan rumah, serangan serangga atau hama juga dapat menyebaban gangguan kesehatan. Salah satu serangan hama yang cukup merepotkan adalah serangan rayap. Rayap merupakan serangga yang berasal dari anggota infraodo Isopterabagian dari ordo Kecoa.

Seringkali dijumpai serangan rayap di dalam rumah utamanya rumah dengan bahan dasar kayu. Rayap memakan selulosa yang terdapat pada bahan kayu. Selain bahan kayu, rayap juga mengomsumsi selulosa yang ada pada bahan-bahan seperti kertas, karton, ataupun tekstil. Rayap tinggal di lokasi yang gelap dan hidup berkelompok, kondisi ini memungkinkan serangan rayap pada rumah yang berbahan dasar kayu sangat cepat dan merusak kondisi kayu, begitupun dengan furnitur yang berbahan kertas, karton atau tekstil. Anda perlu waspada terhadap buku yang ada di rumah atau di perpustakaan Anda, jika rayap menyerang maka dengan sangat cepat dan mudah buku-buku Anda akan rusak. Hal ini tentu akan membuat Anda rugi dan sangat repot. Berikut beberapa cara ampuh untuk mengusir serangan rayap dari rumah:

1.Pastikan Untuk Membuat Sirkulasi yang Baik

Rayap sangat menyukai tempat-tempat yang lembap dan minim cahaya, pada kondisi tersebut rayap akan berkembang biak dengan sangat baik. Terutama jika rumah Anda berbahan dasar kayu maka cara ampuh mengusir rayap dari rumah adalah dengan memperbaiki sirkulasi udara. Pastikan untuk membuat ventilasi yang baik sehingga seluruh ruangan dapat terkena sinar matahari dan aliran udara yang bersih dan sejuk.

2.Jemur Perabot atau Dokumen yang Terkena Serangan Rayap

Hal yang harus Anda lakukan saat perabotan rumah ataupun buku serta dokumen terserang rayap adalah dengan membersihkannya kemudian menjemurnya di bawah terik matahari. Biarkan perabotan atau dokumen terkena sinar matahari langsung, dengan demikian rayap akan pergi dan perabotan akan terbebas dari rayap.

3.Pastikan Untuk Menutup Celah atau Retakan Rumah

Kadang kita luput dalam memperhatikan seluruh detail kondisi rumah, tak jarang terdapat celah atau retakan rumah yang muncul tanpa kita ketahui. Celah atau retakan tersebut dapat menjadi jalan masuk bagi rayap sehingga Anda perlu memerhatikan seluruh bagian atau sisi rumah dengan teliti, pastikan tidak ada celah bagi rayap untuk masuk menyerang rumah.

4.Memanfaatkan Daun Kemangi

Selain cocok untuk dijadikan lalapan, daun yang memiliki aroma khas ini juga mampu membasmi rayap yang menyerang rumah. Mengusir rayap dengan bantuan daun kemangi sangat mudah dilakukan, Anda cukup menyimpan daun kemangi ke bagian rumah yang terserang rayap atau menyimpan di perabotan. Aroma yang dikeluarkan daun kemangi akan mengusir rayap.

5.Dengan Air Cucian Beras

Jangan membuang air sisa cucian beras karena air ini mempunyai manfaat untuk mengusir rayap dari rumah. Caranya sangat mudah, Anda cukup memasukkan air sisa cucian beras ke dalam botol semprotan kemudian semprotkan ke bagian yang terdapat serangan rayap. Dengan demikian, secara perlahan rayap akan menghilang. Selain mudah, cara ini juga cukup ramah lingkungan loh.

6.Dengan Bantuan Kapur Barus

Kandungan naftalena yang ada di kapur barus diyakini mampu menghilangkan rayap. Aroma kuat yang dihasilkan kapur barus akan mengusir rayap keluar dari rumah, caranya cukup mudah yaitu kapur barus cukup diletakkan di perabotan rumah atau di sudut rumah.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat menghilangkan rayap dari rumah dengan menggunakan bantuan jasa anti rayap FUMIDA. Anda dapat menghubunginya di website antirayapjakarta.co.id

Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ALAMAT
Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45, Kel. Rawa Bunga Kec. Jatinegara, Jakarta Timur
Fumida Social Media

Copyright by PT Fumida Pestindo Jaya.

Copyright by PT Fumida Pestindo Jaya.