Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45 Jakarta Timur
021 2904 9130 / 0822 1177 1166
info@fumida.co.id

Cara Membasmi Rayap pada Lemari Kayu

Lebih dari Sekedar Anti Rayap

Cara Membasmi Rayap pada Lemari Kayu

Membasmi rayap pada lemari kayu perlu kita perhatikan dengan baik agar serangga tidak bersarang di dalam lemari kita lagi. Memiliki lemari kayu yang kuat menjadikan kita senang karena perabotan kayu kita awet dan dapat digunakan dengan lama. Maka dari itu kita harus pandai-pandai merawatnya dari serangan rayap agar tidak merusak lemari kita yang tebuat dari kayu.

Sangat menjengkelkan jika mengetahui lemari kayu kita ternyata menjadi sarang bagi rayap. Tidak mengherankan rayap menyukai perabotan yang terbuat dari kayu. Sebab kayu mengandung selulosa yang merupakan makanan kesukaan rayap. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membasmi rayap pada lemari kayu.

1.Menggunakan Jebakan Kardus

Cara ini dapat kita lakukan agar lemari kayu terbebas dari serangan rayap. Agar mendapatkan hasil yang baik, tentu kita harus mengetahui dengan baik letak sarang rayap. Jika sudah diketahui, ambil beberapa lembar kardus dan basahi (tidak perlu terlalu basah agar tekstur kardus tidak rusak). Setelah dibasahi, letakkan kardus-kardus tersebut di sekitar sarang rayap, sehingga rayap-rayap tersebut dapat menemukannya dengan mudah. Saat kelompok rayap telah berkumpul dan memakan bagian kardus tersebut, segera angkat ke tempat yang aman kemudian bakar kardus beserta rayap tersebut. Jika masih ada rayap lainnya, maka lakukan langkah-langkah diatas hingga rayap habis dan tak kembali lagi pada lemari kayu kita.

2.Menggunakan Asam Borat

Asam borat merupakan senyawa kimia yang sering digunakan sebagai bahan pembasmi serangga seperti rayap. Asam borat sangat tepat digunakan untuk membasmi rayap pada lemari kayu kita dengan cepat dan mudah dalam waktu yang singkat. Caranya dengan mencairkan asam borat kemudian masukkan ke dalam wadah semprotan agar mudah digunakan. Semprotkan asam borat pada lemari kayu yang diserang rayap.

Baca Juga  Jasa Anti Rayap di BSD Serpong

3.Menggunakan Larutan Air Garam

Untuk membasmi rayap yang menyerang lemari kayu, kita juga bisa menggunakan garam. Selain mudah didapatkan, baahan ini terbilang hemat dan murah meriah. Larutkan semangkuk garam dengan setengan liter air, sehingga kandungan garamnya masih tinggi dan dapat bekerja maksimal. Semprotkan larutan tersebut pada rayap, dan pastikan semua rayap di dalam lemari kayu kena semprot dengan merata. Larutan ini membuat rayap lemas dan lama kelamaan mati.

4.Menggunakan Cairan Kapur Sirih

Cairan ini juga ampuh membasmi rayap pada lemari kayu. Cairan ini bersifat panas dan dapat membuat rayap mati dengan seketika, bahkan yang masih berupa larva. Campurkan kapur sirih dengan segelas air, lalu aduh rata hingga berbentuk cairan putih yang pekat. Semprotkan pada bagian sarang rayap agar rayap tersebut mati dan tidak menyebar ke tempat lain. Setelah itu, lakukan penyemprotan ke bagian lain yang dianggap perlu agar rayap tidak pindah dan bersarang di sisi-sisi baru pada lemari kayu.

5.Menggunakan Kapur Barus

Penggunaan pewangi lemari cukup efektif untuk membasmi rayap pada lemari kayu kita. Kapur barus ini cukup efektif untuk mengusir dan menghilangkan rayap yang mencoba membuat sarang dan memakan lemari kayu. Caranya ambil kapur barus kemudian bisa dihancurkan atau dibiarkan begitu saja, namun lebih efektif bila kapur barus dihancurkan lalu disebar. Aroma kapur barus ini sangat tidak disukai oleh para rayap sehingga lemari kayu kita terbebas dari serangan rayap.

Banyak cara yang dapat dilakukan sendiri untuk membasmi rayap pada lemari kayu. Namun kita juga dapat menggunakan jasa anti rayap untuk mendapatkan hasil yang benar-benar maksimal. Antirayapjakarta.co.id merupakan salah satu jasa anti rayap terbaik yang dapat mengatasi rayap pada lemari kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang