Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45 Jakarta Timur
021 2904 9130 / 0822 1177 1166
info@fumida.co.id

Cara Membasmi Rayap yang Menyerang Lantai Rumah Kayu

Lebih dari Sekedar Anti Rayap

Cara Membasmi Rayap yang Menyerang Lantai Rumah Kayu

Memiliki rumah kayu merupakan hal yang cukup riskan dikarenakan selalu ada momok yang selalu menghantui pemilik rumah. Apakah itu? Apalagi kalau bukan rayap. Hama satu ini adalah tipe serangga yang selalu mengincar perabotan yang terbuat dari kayu. Bagi anda pemilik rumah kayu pasti sudah seringkali direpotkan oleh hama ini karena segala perabotan bahkan bagian-bagian rumah anda pun menjadi sasarannya. Sudah dipastikan rayap sangatlah membawa kerugian material dimana anda harus membeli atau mengganti perabotan atau bagian rumah anda yang sudah digerogoti oleh rayap.

Lantai rumah kayu biasanya menjadi sasaran empuk bagi serangga pemakan kayu ini karena bahan kayu untuk membuat lantai biasanya dari jenis kayu kesukaan rayap. Namun anda tak perlu khawatir karena sudah banyak metode yang bisa anda gunakan untuk membasmi rayap. Nah apa saja metode tersebut ? Simak penjelasan di bawah ini :

1.Menggunakan air cucian beras

Manfaatkan air cucian beras anda untuk melindungi atau mengusir rayap. Air cucian beras dikenal sebagai anti rayap semprotkan air cucian beras pada lantai-lantai yang digerogoti oleh rayap atau anda bisa juga langsung menyiram sarangnya dengan air cucian beras ini sehingga rayap pun akan terusir. Cara alami ini bisa anda gunakan jika kondisi rayap tidak terlau banyak.

2. Letakkan kapur barus di lantai rumah kayu

Kapur barus memiliki kandungan senyawa kimia yang disebut naftalen yang sangat tidak disukai oleh serangga. Nah letakkan kapur barus di lantai rumah anda atau di dekat sarang rayap maka rayap pun akan pergi dikarenakan bau yang dihasilkan kapur barus akan menggangu indra penciuman hama ini. Namun jika anda memiliki anak kecil di rumah, sebaiknya gunakan cara lain karena kapur barus memiliki bentuk seperti permen sehingga dikhawatirkan akan dimakan oleh anak-anak.

Baca Juga  Mengapa Rayap Menyukai Tempat yang Lembab ?

3.Menyemprotkan larutan cabai merah dan garam

Cabai merah pastinya selalu ada di dalam kulkas anda. Nah manfaatkan cabai tersebut untuk membasmi rayap dengan cara mengaluskan beberapa biji cabai merah dan mencampurkannya dengan air dan garam. Cabai memiliki efek panas dan rasa pedas yang bisa mematikan rayap, sedangkan garam bisa memberi efek dehidrasi pada rayap. Perpaduan bahan dapur ini sangatlah ampuh dan cepat untuk membasmi hama yang sangat merugikan ini.

4.Kapur Ajaib

Jika lantai kayu rumah anda sudah terlihat jalur rayap maka gunakanlah kapur ajaib dengan menggariskan kapur di sepanjang jalur rayap tersebut sehingga rayap akan menjauh, bahkan mati. Anda juga bisa menghaluskan kapur tersebut dan menaburinya di atas jalur rayap atau langsung pada sarangnya. Tapi jika menggunakan cara ini, anda wajib menggunakan masker agar serbuk dari kapur ajaib tidak terhirup langsung.

Nah itulah cara yang bisa anda gunakan untuk membasmi rayap pada lantai rumah kayu anda. Cara ini pun bisa anda gunakan untuk perabotan kayu anda yang lain. Tapi cara ini ampuh hanya untuk rayap yang tidak terlalu banyak. Jika serangan rayap sudah sangat banyak dan sudah sulit untuk ditangani dengan cara biasa, maka sebaiknya anda menggunakan jasa pengendali hama yang sudah profesional dari antirayapjakarta.co.id. Mengapa harus harus menggunakan jasa mereka? Jawabannya karena umumnya mereka memiliki metode khusus dan teknisi yang sudah terlatih dalam membasmi rayap sampai tuntas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang