Gedung Pembina Graha Blok 02, Ruang 228, Jl. DI Panjaitan No.45 Jakarta Timur
021 2904 9130 / 0822 1177 1166
info@fumida.co.id

Cara Mencegah Perkembangbiakan Rayap

Lebih dari Sekedar Anti Rayap

Cara Mencegah Perkembangbiakan Rayap

Apakah rumah anda memiliki material kayu ? atau apakah anda menyenangi perabotan berbahan kayu ? Jika iya, maka rayap menjadi salah satu ancaman yang harus anda cegah perkembangannya sebelum terlambat. Tidak hanya itu, rayap juga seringkali menyambangi buku dan dokumen penting lainnya yang dibiarkan dalam keadaan lembab.

Rayap berkembang biak dengan sangat cepat dan sering tidak terdeteksi, jumlah koloninya yang mencapai ribuan bisa menimbulkan efek kerusakan dari skala kecil hingga menimbulkan kerugian yang besar. Seperti merobohkan plafon, menimbulkan korsleting listrik, memakan uang kertas, sampai kebakaran. Pentingnya mengambil tindakan pencegahan agar serangan rayap dapat dicegah sedini mungkin, Berikut 7 tips praktis cara mencegah perkembangbiakan rayap, semoga membantu !

7 Cara praktis mencegah Perkembangbiakan Rayap

1.Mengatur Ventilasi

Habitat rayap adalah tempat yang lembab, maka solusi pertama dan yang paling utama adalah penuhi kebutuhan rumah anda akan cahaya matahari dan sirkulasi udara yang baik, terutama pada ruangan tempat anda menyimpan buku, dokumen, dan perabotan kayu anda. Apalagi jika rumah anda sebagian besar bermaterial kayu, maka wajib hukumnya anda menyiapkan banyak ventilasi atau memperlebar ventilasi rumah anda sehingga cahaya matahari bisa menghangatkan rumah anda dan meminimalisir perkembangbiakan rayap.

2.Menutup retakan pada dinding rumah / perabot kayu lainnya

Reatakan pada dinding rumah atau perabot bahkan keramik bisa menjadi tempat yang sempurna untuk rayap berkembang biak. Sebaiknya, tutuplah dan poleslah jika terdapat retakan didalam rumah anda, karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ?

3.Menggunakan bahan alami

Jika anda melihat tanda perkembangbiakan rayap di rumah, maka salah satu solusi yang praktis dan murah adalah menyemprot tempat tersebut dengan air bekas rendaman beras. Dengan begitu, rayap akan perlahan-lahan meninggalkan tempat tersebut.

Baca Juga  Cara Ampuh Mengusir Rayap dari Rumah

4.Menggunakan kapur barus

Kapur barus seharusnya bukan hal yang baru lagi, kapur barus mengandung zat kimia yang mampu membasmi berbagai macam serangga atau hama pengganggu termasuk rayap. Kapur barus juga bukan benda yang sulit didapatkan dan penggunaannya sangat praktis, cukup letakkan ditempat yang rawan hama rayap.

5.Mengatur suhu ruangan

Mengatur suhu ruangan (bagi ruangan ber-AC) pada suhu rendah juga bisa dijadikan solusi praktis untuk mencegah perkembangbiakan rayap, karena ternyata, selain suhu panas rayap juga tidak mampu bertahan pada suhu ruangan rendah yang ekstrim. Ini bisa diterapkan pada ruangan yang tidak memiliki ventilasi, tertutup, dan mudah lembab.

6.Menjemur perabotan dan dokumen secara berkala

Lakukanlah penjemuran perabotan dan dokumen secara rutin untuk menghindari lembabnya perabotan dan tumpukan dokumen. Selain itu poles pernis pada perabotan kayu agar kayu tidak menyerap air dan menjadi lembab.

7.Memanggil  petugas ahli

Jika anda ingin mendapatkan perlindungan secara professional dari hama rayap, maka anda bisa menghubungi jasa pengontrol hama untuk melakukan pembersihan dan pencegahan secara berkala pada rumah anda. Salah satunya adalah jasa pembasmi hama fumida dari pestcontroljakarta.id.

Nah ! itulah 7 cara mencegah perkembangbiakan rayap yang praktis dan efektif, semoga dapat membantu dan jangan lupa selalu menjaga kebersihan rumah anda ya !, Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang